Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh giro wadiah dan tabungan wadiah terhadap laba operasional pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk (periode Januari 2013-Februari 2016)

Aisyah, Sri (2016) Pengaruh giro wadiah dan tabungan wadiah terhadap laba operasional pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk (periode Januari 2013-Februari 2016). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0128.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Sumber dana yang dimiliki bank dalam membiayai kegiatan operasionalnya termasuk dalam penyaluran pembiayaan, diantaranya berasal dari giro wadiah dan tabungan wadiah. Sesuai dengan prinsipnya, dana pihak ketiga tersebut dapat dimanfaatkan semaksimalkan mungkin untuk memperoleh keuntungan (laba operasional). Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena yang menunjukkan bahwa giro wadiah mengalami fluktuasi, namun tabungan wadiah mengalami peningkatan, sedangkan laba operasional mengalami fluktuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh giro wadiah dan tabungan wadiah secara parsial dan simultan terhadap laba operasional pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk periode Januari 2013-Februari 2016. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang perbankan syariah. Sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan laba operasional, giro wadiah, tabungan wadiah, serta teori-teori lain yang mendukung penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data berupa data sekunder dengan bentuk data time series sebanyak 38 sampel. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi, berupa laporan keuangan publikasi bulanan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk periode Januari 2013-Februari 2016. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 22.0. Variabel dalam penelitian ini adalah giro wadiah (X1), tabungan wadiah (X2) dan laba operasional (Y). Hasil penelitian menunjukkan, giro wadiah dan tabungan wadiah terhadap laba operasional memiliki hubungan yang kuat, hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan R sebesar 0,607. Sedangkan, R square sebesar 0,368 atau 36,8%, artinya persentase sumbangan pengaruh variabel giro wadiah dan tabungan wadiah sebesar 36,8% dalam menjelaskan perubahan laba operasional pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk selama periode Januari 2013 sampai Februari 2016. Sedangkan sisanya sebesar 63,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Hasil pengujian secara parsial (uji t) diperoleh bahwa giro wadiah memliki pengaruh yang signifikan terhadap laba operasional yang ditunjukkan, nilai thitung > ttabel yaitu 3,566 > 1,690. Tabungan wadiah secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba operasional yang ditunjukkan, nilai thitung < ttabel yaitu -1,719 < 1,690.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, SHI, M.Si dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd
Keywords: Giro wadiah; Tabungan wadiah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 31 Mar 2020 05:09
Last Modified: 26 Oct 2021 02:11
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item