Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh persepsi terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan berkarir di Bank Syariah

Ardilla, Hasni (2019) Pengaruh persepsi terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan berkarir di Bank Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 401 00136.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perbankan syariah telah membawa dampak positif dalam perbankan Indonesia. Penerapan Syariah agama Islam seharusnya memberi peluang besar bagi bank syariah untuk berkembang lebih besar lagi. Akan tetapi masih kurangnya pengetahuan masyarakat dan juga kurangnya pengetahuan mahasiswa sehingga perlu adanya ilmu pengetahuan tentang hubungan masyarakat dan mahasiswa terhadap bank syariah. Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya mahasiswa yang meminati masuk ke IAIN dan mengambil jurusan perbankan syariah tidak sebanding dengan banyaknya lulusan dari jurusan perbankan syariah yang berminat untuk berkarir di bank syariah. Minat berkarir di Industri Perbankan Syariah adalah tanggapan individu terhadap ketertarikannya akan profesi bankir bahwa profesi ini dianggap sebagai pekerjaan yang menjanjikan secara finansial dan non finansial. Adapun masalah yang diteliti yaitu pengaruh persepsi mahasiswa terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan untuk berkarir di bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah persepsi berpengaruh terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan berkarir di Bank Syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang persepsi dan minat berkarir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi sederhana, Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 85 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hal tersebut diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai R square sebesar 0,507 artinya 50,7% pengaruh yang signifikan variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas, sedangkan sisanya 49,3% dijelaskan oleh varibel lain diluar yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa secara parsial persepsi memiliki pengaruh terhadap minat berkarir yang dibuktikan dengan nilai bahwa thitung> ttabel (9,247 > 1,663) atau Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Budi Gautama Siregar, S.Pd., MM dan Jumi Atika, M.E.I
Keywords: Persepsi; Minat berkarir; Bank byariah
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 21 Apr 2020 10:33
Last Modified: 26 Oct 2021 03:38
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/805

Actions (login required)

View Item View Item