Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian minyak goreng Merek Bimoli di Desa Panggautan Kecamatan Natal

Hariyati, Maya (2022) Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian minyak goreng Merek Bimoli di Desa Panggautan Kecamatan Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Minyak goreng merupakan salah satu bahan pangan pokok yang dikonsumsi oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Minyak goreng ini terbagi menjadi dua yaitu minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah. Disini peneliti membahas minyak goreng kemasan merek Bimoli yang digunakan oleh masyarakat khusus Ibu rumah tangga di Desa Pangguatan Kecamatan Natal. Dengan harga dan Kualitas produk yang berbeda dengan produk minyak kemasan yang lain, minyak goreng Bimoli tetap menjadi pilihan dan banyak diminati oleh masyarakat tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian minyak goreng merek Bimoli di Desa Panggautan Kecamatan Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian minyak goreng merek Bimoli di Desa Panggautan Kecamatan Natal. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan ini pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas produk, harga dan keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 70 responden yang diambil dari Masyarakat khususnya Ibu rumah tangga di Desa Panggautan Kecamatan Natal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dan dokumentasi, kemudian analisis data dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 25. Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian minyak goreng merek Bimoli di Desa Panggautan Kecamatan Natal. Secara parsial terdapat pengaruh antara harga terhadap keputusan pembelian minyak goreng merek Bimoli di Desa Panggautan Kecamatan Natal. Secara simultan antara kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian minyak goreng merek Bimoli di Desa Panggautan Kecamatan Natal dengan Dengan R Square sebesar sebesar sebesar 0,417 atau sama dengan 41,7% dan sisanya sebesar 0,583 atau sama dengan (58,3%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini yaitu lokasi, promosi, pelayanan, kenyamanan dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Arbanur Rasyid, M.A. dan Damri Batubara, M.A.
Keywords: Kualitas produk; Harga dan keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Jul 2022 09:08
Last Modified: 06 Jul 2022 09:08
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/8026

Actions (login required)

View Item View Item