Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan nafkah keluarga poligami (studi di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal)

Sarah, Siti (2018) Pelaksanaan nafkah keluarga poligami (studi di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1410100031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skiripsi ini berjudul “Pelaksanaan nafkah keluarga poligami (Studi di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan nafkah keluarga poligami di Desa Sibanggor Tonga. Apakah suami melaksanakan kewajibannya sesuai dengan Kompilasi Hukum Islam Pasal 82 yaitu suami yang beristeri lebih dari seorang berkewajiban memberikan tempat tinggal dan biaya hidup kepada masing-masing isteri secara berimbang menurut besar kecilnya jumlah keluarga yang tanggung masing-masing isteri. Adapun permasalah yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan nafkah keluarga poligami di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi dan bagaimana tinjauan Hukum Islam Terhadap pelaksanaan nafkah keluarga poligami di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi. Dan tujuan yang akan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanakan nafkah keluarga poligami di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi apakah sesuai dengan Kompilasi Hukum Islam Pasal 82. Penelitian ini membahas tentang “pelaksanaan nafkah keluarga poligami studi kasus di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi” fokus skiripsi ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan nafkah keluarga poligami di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi. Penelitian yang digunakan dalam skiripsi ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) yang bersifat kualitatif. Dengan demikian peneliti melakukan penelitian dengan berbagai hal yang berkenaan dengan pelaksanaan nafkah keluarga poligami studi di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal, dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh dari lapangan untuk mencapai tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang diungkapkan dalam skiripsi ini dapat digambarkan bahwa pelaksanaan nafkah keluarga poligami Studi kasus di Desa Sibanggor Tonga Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal suami yang melakukan poligami tidak melaksanakan kewajibannya untuk memberikan nafkah pada isteri-isteri dan anak-anaknya. Mereka hanya cenderung terhadap isteri keduanya dan mengabaikan isteri pertamanya dan mengabaikan nafkah isteri pertama dan anak-anaknya. Adapun suami yang melaksanakan kewajibannya untuk memberikan nafkah kepada para isterinya yaitu bapak Arsyad dan Bapak Hambali sedangkan suami yang lainnya mengabaikan nafkah isteri pertama dan anak- anaknya, mereka hanya melaksanakan kewajibannya sebagai pemberi nafkah terhadap isteri kedua dan anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Nafkah; Poligami; Pernikahan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012817 Polygamy
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Ahwal Syakhsyiah/Hukum Perdata Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 21 Apr 2020 06:54
Last Modified: 03 Jun 2020 08:12
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item