Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen pada Koperasi 212 Mart Padangsidimpuan

Putra, Diki Riansyah (2022) Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen pada Koperasi 212 Mart Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Dalam keberlangsungan suatu perusahaan ritel maka kualitas pelayanan menjadi hal penting yang harus diperhatikan perusahaan dalam menciptakan loyalitas konsumen. Selain kualitas pelayanan, perusahaan juga harus memperhatikan harga produk yang dijual apakah sudah sesuai dengan keinginan atau harapan dari konsumen atau belum, dikarenakan harga juga dapat memengaruhi loyalitas konsumen terhadap perusahaan. Jika harga terlalu mahal dengan toko yang lain maka konsumen enggan untuk membeli kembali. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas konsumen pada koperasi 212 Mart Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini adalah teori yang berkaitan dengan Manajemen Bisnis yaitu kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen, jika kualitas pelayanan baik maka loyalitas akan meningkat begitu juga sebaliknya. Dan harga terhadap loyalitas konsumen, jika harga murah maka loyalitas konsumen akan meningkat, jika harga mahal maka loyalitas konsumen akan turun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner. Sampel penelitian sebanyak 64 orang dengan teknik pengambilan sampel insidental , kemudian analisis penelitian menggunakan statistik yaitu SPSS Versi 25. Dari hasil uji t dapat dilihat bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) memiliki nilai thitung 3,274 > nilai ttabel 2,000 maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima yang bererti adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada koperasi 212 Mart Padangsidimpuan. Dari hasil uji t dapat dilihat bahwa variabel harga (X2) memiliki nilai thitung 1,455 < nilai ttabel 2,000 maka Ho2 diterima dan Ha2 ditolak yang berarti tidak adanya pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen pada koperasi 212 Mart Padangsidimpuan.. Kemudian berdasarkan hasil uji F terdapat nilai Fhitung 9,598 dan nilai Ftabel dilihat dari rumus dengan derajat kebebasan df = n – k - 1, df = 64 – 2 – 1 = 61 nilai Ftabel yang diperoleh 3,15. Maka dapat di interpretasi bahwa nilai Fhitung 9,598 > nilai Ftabel 3,15 dan nilai sig. 0,000 < 0,005 dapat dinyatakan bahwa hipotesis Ho3 ditolak dan Ha3 diterima sehingga kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada koperasi 212 Mart Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Darwis Harahap, S.HI., M.Si dan H. Ali Hardana, S.Pd., M.Si
Keywords: Kualitas pelayanan; Harga; Loyalitas konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Jun 2022 08:39
Last Modified: 23 Nov 2022 02:23
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/7673

Actions (login required)

View Item View Item