Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis perbandingan sistem pemberian kredit pada Bank Sumut dan pembiayaan murabahah pada Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan

Nasution, Arnisyah (2016) Analisis perbandingan sistem pemberian kredit pada Bank Sumut dan pembiayaan murabahah pada Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Secara umum terdapat asumsi yang berkembang di kalangan masyarakat yang dapat menghambat perkembangan perbankan syariah di Indonesia seperti asumsi masyarakat yang mengatakan bahwa penyaluran dana berbentuk kredit di bank konvensional sama dengan pembiayaan murabahah di bank syariah, seperti yang dikemukakan oleh beberapa penulis dalam bukunya. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengetahui seberapa besar perbedaan antara kredit dengan pembiayaan murabahah. Untuk mengetahui perbedaan ini maka akan diteliti proses awal sampai di berikannya kredit/pembiayaan murabahah. Bank Sumut cabang Syariah merupakan bank yang berasal dari bank konvensional,yaitu Bank Sumut sehingga sangat tepat untuk diteliti bagaimana perbedaan sistim pemberian kredit dan pembiayaan murabahah. Dengan cara membandingkan keduanya atau sering disebut dengan komparatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non parametrik untuk menguji ada atau tidak perbedaan yang signifikan antara dua hal yang dibandingkan, dengan menggunakan uji Mann Whitney. Pengambilan sampel dengan metode sensus, semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel sebanyak 40 karyawan. Selanjutnya analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif dan uji non parametrik Mann Whitney dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 22. Hasil analisis menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (Ha diterima) dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan (H0 diterima) sebagai berikut, Permohonan kredit/pembiayaan 0,000 < 0,05, Pengumpulan data 0,076 > 0,05 Analisa kredit/ pembiayaan 0,066 > 0,05, Penyusunan proposal kredit/pembiayaan 0,933 > 0,05, Pengumpulan data tambahan 0,332 > 0,05, Pengikatan 0,072 > 0,05 dan Pencairan 0,060 > 0,05. Sedangkan total keseluruhan variabel sistim pemberian kredit dan pembiayaan murabahah adalah 0,946. Hasil di atas menunjukkan proses permohonan kredit/pembiayaan memiliki perbedaan yang signifikan karena nilai Asymp.sig < 0,05. Sedangkan 6 sub variabel lainnya yaitu, pengumpulan data, analisa kredit, penyusunan proposal kredit/pembiayaan, pengumpulan data tambahan, pengikatan dan pencairan menunjukkan nilai > 0,05 yang berarti tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Akan tetapi dilihat secara keseluruhan sistem pemberian kredit di Bank Sumut dengan sistem pemberian pembiayaan murabahah di Bank Sumut cabang Syariah tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Asymp.sig 0,964 >0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perbankan syariah; murabahah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2020 06:10
Last Modified: 09 Apr 2020 00:40
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item