Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh religiusitas dan nisbah bagi hasil terhadap perilaku menabung menabung nasabah pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan

Lubis, Adelia (2016) Pengaruh religiusitas dan nisbah bagi hasil terhadap perilaku menabung menabung nasabah pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap perbankan syariah, dan rendahnya kepercayaan masyarakat muslim untuk berinvestasi atau menabung pada bank syariah. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh religiusitas dan nisbah bagi hasil secara parsial dan simultan terhadap perilaku menabung nasabah pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan? Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan nisbah bagi hasil terhadap perilaku menabung nasabah. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan bacaan dan bahan pertimbangan bagi bank syariah khususnya PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan Islam dan Perbankan. Sehubungan dengan pendekatan yang dilakukan teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang perilaku menabung, religiusitas, dan nisbah bagi hasil. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 99 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial religiusitas tidak berpengaruh terhadap perilaku menabung dengan nilai thitung < ttabel (-0,158 < 1,661), sedangkan nisbah bagi hasil mempunyai pengaruh terhadap perilaku menabung dengan nilai thitung > ttabel (5,949 > 1,661). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa religiusitas dan nisbah bagi hasil mempunyai pengaruh terhadap perilaku menabung dengan nilai Fhitung> Ftabel (19,372 > 3,09). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 28,8% variabel religiusitas dan nisbah bagi hasil mampu mempengaruhi perilaku menabung nasabah dan 71,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Model persamaan regresinya adalah PM = 11,663 - 0,013 + 0,486.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Religiusitas; nisbah bagi hasil; perilaku menabung
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2020 04:03
Last Modified: 17 Apr 2020 06:18
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item View Item