Electronic Theses of IAIN Padangsidimpuan

Pengaruh car, bopo, dan npf terhadap profitabilitas (roa) pada pt. Bank Rakyat Indonesia Syariah (Bri Syariah)

Zainuddin, Zainuddin (2016) Pengaruh car, bopo, dan npf terhadap profitabilitas (roa) pada pt. Bank Rakyat Indonesia Syariah (Bri Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya fluktuasi dan fenomena gap CAR, BOPO dan NPF terhadap ROA dalam kurun waktu Maret 2008-Desember 2015 PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah yang menunjukkan bahwa tidak setiap kejadian empiris sesuai dengan teori yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO) dan Non Performing Financing (NPF) berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Profitabilitas PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Periode Maret 2008-Desember 2015?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR),) Beban Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO) dan Non Performing Finance (NPF) secara parsial dan simultan terhadap profitabilitas Bank Rakyat Indonesia Syariah Maret 2008-Desember 2015. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen keuangan dan analisis laporan keuangan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan analisis rasio keuangan sebagai aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, sumber data adalah data sekunder dengan bentuk data time series sebanyak 32 sampel. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode regresi linier berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Proses pengolahan data menggunakan program komputer SPSS versi 22.0. Hasil dari penelitian secara parsial (uji t) bahwa secara parsial CAR memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas yang di ukur dengan ROA, yang dibuktikan dengan thitung>ttabel (3.673>1.706). BOPO tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas yang di ukur dengan ROA, yang dibuktikan dengan thitung<ttabel (-8.494<1,706). NPF tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas yang di ukur dengan ROA, yang dibuktikan dengan thitung<ttabel (-4.325<1,706). Sehingga, secara parsial hanya CAR yang memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas yang di ukur dengan ROA, BOPO dan NPF tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Profitabilitas yang di ukur dengan ROA. Secara simultan CAR, BOPO dan NPF memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas yang di ukur dengan ROA, yang dibuktikan dengan Fhitung>Ftabel (29.761>2,975). Adapun Adjusted RSquare sebesar 0,73 (73%), yang berarti bahwa variabel ROA dapat dijelaskan variasi variabel CAR, BOPO dan NPF sebesar 73%. Kata Kunci : Profitabilitas, Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Finance (NPF), Return On Asset (ROA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abdul Nasser Hasibuan, SE., M.Si dan Jumi Atika, MEI
Keywords: Fluktuasi dan Fenomena gap CAR, BOPO dan NPF terhadap ROA; Perbankan Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 17 Apr 2020 14:23
Last Modified: 19 Jul 2021 05:28
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item