Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pembiayaan musyarakah terhadap return on asset (ROA) pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk

Daulay, Siti Hajar (2016) Pengaruh pembiayaan musyarakah terhadap return on asset (ROA) pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0170.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pada dasarnya tujuan utama suatu perusahaan adalah untuk memaksimumkan keuntungan dan meningkatkan kemakmuran pemiliknya begitu juga dengan perbankan syariah. Keuntungan yang diperoleh oleh bank bisa ditentukan oleh berapa banyak pembiayaan yang disalurkan.Dengan harapan semakin banyak pembiayaan yang disalurkan semakin meningkat pula profitabilitas bank syariah yang tercermin dari meningkatnya laba dalam hal ini dilihat dari ROA (Return on Assets). Penelitian ini dilatar belakangi dari fenomena yang diperoleh bahwa pembiayaan musyârakahmengalami perkembangan.Namun, hal ini berbeda denganROA yang mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan musyârakahterhadap Return On Asset (ROA) PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan runtun waktu (time series) yaitu data satu individu yang diobservasi dalam rentangan waktu. Jenis dan sumber data yang digunakanadalah data sekunder, berupa data dokumentasi atau data laporan yang telah tersedia, yaitu data dari laporan keuangan bulanan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk pada tahun 2012 sampai 2014 sebanyak 36 sampel. Instrumen (alat) pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi dokumen, yaitu metode yang digunakan untuk menelusuri data historis dandokumen. Metodeanalisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana menggunakan perhitungan statistic dengan bantuan program computer yaitu SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 22.0. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi (R square) diperoleh nilai R sebesar 0,344 menunjukkan bahwa hubungan antara musyârakahdan ROArendah. Sedangkan R squaresebesar 0,118 atau 11,8%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbanganpengaruh variabel musyârakah mampu menjelaskan sebesar 11,8% variasi variabel dependen ROA. Sedangkan sisanya sebesar 88,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.Hasil dari penelitian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa secara parsialmemiliki pengaruhyang signifikan antara musyârakahterhadap ROA, yang dibuktikan dengan nilai taraf sig. <α(0,040< 0,05) dan thitung >ttabel(2,138>1,691).Hal ini didukung dengan hasil uji regresisederhana diperoleh bahwa bagi pembiayaan musyârakah bernilai positif sebesar 0,315, artinya terjadi hubungan positif antara pembiayaan musyârakah dengan ROA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rosnani Siregar, M.Ag dan Rini Hayati Lubis, MP
Keywords: Musyarakah; Return On Asset (ROA)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 26 Mar 2020 12:12
Last Modified: 13 Jul 2020 08:36
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item