Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan pendekatan guru dengan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah / pr di MTS Swasta Aljunaidiyah Desa Kampung Lama Kecamatan Puncak Sorik Marapi

Arfan, Arfan (2011) Hubungan pendekatan guru dengan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah / pr di MTS Swasta Aljunaidiyah Desa Kampung Lama Kecamatan Puncak Sorik Marapi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 310 0155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (860kB)

Abstract

Pendekatan guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah/ PR, pendekatan guru merupakan aspek yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar agar setiap individu ataupun kelompok dapat diperhatikan dan diawasi dengan baik. Pendekatan yang digunakan guru sangat berpengaruh pada proses belajar mengajar demikian juga dengan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah, maka dalam hal ini guru harus memilih pendekatan yang sesuai dengan siswa yang sedang dihadapinya. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pendekatan guru kepada siswa di MTs Swasta Al-Junaidiyah Desa Kampung Lama Kecamatan Puncak Sorik Marapi? (2)Bagaimana kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah di MTs Swasta Al-Junaidiyah Desa Kampung Lama Kecamatan Puncak Sorik Marapi? (3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan guru dengan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah di MTs Swasta Al-Junaidiyah Desa Kampung Lama `Kecamatan Puncak Sorik Marapi? Penulisan skripsi ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pendekatan guru kepada siswa di MTs Swasta Al-Junaidiyah Desa Kampung Lama Kecamatan Puncak Sorik Marapi. (2) Untuk mengetahui kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah di MTs Swasta Al-Junaidiyah Desa Kampung Lama Kecamatan Puncak Sorik Marapi. (3) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pendekatan guru dengan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah di MTs Swasta AlJunaidiyah Desa Kampung Lama Kecamatan Puncak Sorik Marapi. Berdasarkan permasalahan yang diajukan tersebut, maka hipotesis yang muncul adalah Ha: Terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan guru dengan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis yang diajukan, penulis mengadakan penelitian di MTs Swasta Al-Junaidiyah Desa Kampung Lama Kecamatan Puncak Sorik Marapi dengan populasi seluruh siswa MTs Swasta AlJunaidiyah dengan sampel 27 orang siswa. Setelah dilakukan penelitian dengan alat pengumpul data angket maka dilakukan penghitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment, maka terdapat hubungan antara pendekatan guru dengan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah / PR di MTs Swasta AlJunaidiyah Desa Kampung Lama Kecamatan Puncak Sorik Marapi dengan diketahui nilai rxy 0.4962 lebih besar (>) dari rtabel pada taraf signifikan 5% (0.381) dan pada taraf signifikan 1% (0.487). Selanjutnya untuk mengetahui kesignifikanan dilakukan uji t dengan hasil thitung 3.2913 lebih besar (>) dari ttabel pada taraf signifikan 0,5 (1.708) dan pada taraf signifikan 0,01(2.485), maka hipotesis diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara pendekatan guru dengan kedisiplinan siswa dalam mengerjakan pekerjaan rumah / PR di MTs Swasta Al-Junaidiyah Desa Kampung Lama Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhammi dan Muhammad Yusuf Pulungan
Keywords: Pendekatan guru; pembelajaran; pendidikan Islam; kedisiplinan siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:24
Last Modified: 26 Oct 2020 04:24
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/5906

Actions (login required)

View Item View Item