Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa berbelanja online di kalangan mahasiswa IAIN Padangsidimpuan Khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Nasution, M. Syukri (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa berbelanja online di kalangan mahasiswa IAIN Padangsidimpuan Khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0187.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya pengguna internet di masyarakat luas, tidak terkecuali dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan yang ditandai dengan meningkatnya minat mahasiswa berbelanja via online. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap minat beli mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap minat beli mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori minat beli, harga, promosi, kualitas produk dan jual beli online. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan regresi linear berganda. Pengambilan sampel secara acak berstarata (statified rendom sampling), dengan jumlah populasi 447 dan sampel 82 orang. Kemudian pengolahan data nya menggunakan perhitungan statistic dengan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan deskriptip statistik,uji normalitas, uji linearitas, autokorelasi, dan analisis regresi linear berganda, dengan uji simultan(f) dan uji parsial(t) kemudian koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial yang berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,085>1,664, sedangkan untuk harga dan promosi secara parsial berpengaruh terhadap minat beli yang dibuktikan thitung > ttabel,untuk promosi sebesar 3,652 > 1,664 dan untuk kualitas produk sebesar 2,543> 1,664.Sedangkan secara simultan variabel harga, promosi dan kualitas produk sama-sama berpengaruh terhadap minat beli, dibuktikan dengan hasil perhitungan yaitu sebesar 86,667>2,16 yang artinya secara simultan harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa harga, promosi dan kualitas produk memberi kontribusi sebesar 77,2% terhadap variabel minat berbelanja online, selain itusisanya22,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari penelitian ini di peroleh kesimpulan bahwa harga, promosi dan kualitas produk berpengaruh terhadap minat mahasiswa berbelanja online Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fatahuddin Aziz Siregar dan Azwar Hamid
Keywords: Harga; promosi; kualitas produk; minat beli
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:48
Last Modified: 06 Oct 2020 04:48
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/5504

Actions (login required)

View Item View Item