Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh non performing finance (NPF) dan dana pihak ketiga (DPK) terhadap return on asset (ROA) pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah

Hutagalung, Muhammad Wandisyah R (2016) Pengaruh non performing finance (NPF) dan dana pihak ketiga (DPK) terhadap return on asset (ROA) pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 220 0025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu indikator penentu profitabilitas bank adalah Return On Asset (ROA). Rasio ini digunakan untuk mengukur efektivitas bank dalam mengelola investasinya dengan tujuan memperoleh profit. Dalam menjalankan operasionalnya tentunya bank membutuhkan modal dalam bentuk Dana Pihak Ketiga (DPK) untuk mencapai tujuan bank dalam memperoleh laba. Pembiayaan yang dilakukan bank sebagai alat utama memperoleh laba tentu tidak selamanya berjalan sesuai keinganan. Pembiayaan yang tidak menepati jadwal angsuran akan menurunkan tingkat profitabilitas bank. Berdasarkan data yang diperoleh dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), persentase NPF mengalami fluktuasi selama periode 2012-2014 dan jumlah DPK selalu mengalami peningkatan selama periode 2012-2014. Namun, hal ini tidak diikuti oleh ROA yang mengalami naik turun selama periode tersebut, sehingga terdapat permasalahan ketidaksesuaian teori dengan yang terjadi pada BPRS. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen keuangan dan analisis laporan keuangan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan NPF, DPK, dan ROA atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sumber data berasal dari data sekunder dengan bentuk data time series sebanyak 36 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda, dengan uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji T dan uji F. Proses pengolahan data menggunakan program komputer SPSS. Hasil dari penelitian secara parsial (uji t) untuk variabel NPF memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA, yang dibuktikan dengan -thitung<-ttabel (-3,165<-2,0345), untuk variabel DPK secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA, yang dibuktikan dengan thitung<ttabel (1,603<2,0345). Sedangkan, secara simultan variabel NPF dan DPK memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROA, yang dibuktikan dengan Fhitung>Ftabel (6,173>3,28), dengan Adjusted R Square sebesar 0,228 (22,8%), yang berarti bahwa variabel ROA dapat dijelaskan oleh variabel NPF dan DPK sebesar 22,8%, sedangkan sisanya 77,2% (100%-22,8%) dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak tidak dimasukkan dalam model regresi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rosnani Siregar, M. Ag dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si
Keywords: Non Performing Finance (NPF); Dana Pihak Ketiga (DPK); Return on Asset (ROA)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Mar 2020 06:29
Last Modified: 10 Jul 2020 02:15
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item