Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh media pembelajaran microsoft mathematics terhadap kreativitas belajar Ssiswa pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat

Hasibuan, Wahyu Rasidin (2019) Pengaruh media pembelajaran microsoft mathematics terhadap kreativitas belajar Ssiswa pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berhubungan dengan media pembelajaran yang berbasis it, penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pada saat pembelajaran. Pemakaian media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat menimbulkan minat yang baru, membangkitkan motivasi/rangsangan kegiatan belajar, dan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap peserta didik. Dengan penggunaan media tersebut guru bisa menarik perhatian para peserta didik sehingga pemberian pelajaranpun semakin terarah. Salah satu media yang bisa digunakan adalah media pemebelajaran Microsoft mathematics. Aplikasi dari teknologi ini merupakan salah satu bentuk dari media pembelajaran berbasis IT yang berguna sebagai solusi untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa diantaranya media tersebut termasuk salah satunya adalah Micosoft Mathematics. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Microsoft mathematics terhadap kreativitas pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2. Dalam penelitian ini, instrument penguulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran Microsoft Mathematics terhadap kreativitas, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi 0.05, hasilnya diperoleh > dengan taraf nyata 5% sehingga 5.569 > 2,030. Dengan perbedaan rata-rata pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kelas ekperimen sebesar 82.083 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 77.777.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si., dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Media pembelajaran yang berbasis IT; Motivasi/rangsangan kegiatan belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 14 Apr 2020 15:07
Last Modified: 31 Aug 2020 08:03
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item