Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model Pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladanai ketaatan malaikat- malaikat Allah Swt kelas VII di SMP N 5 Padangsidimpuan

Arfah, Alfi (2019) Pengaruh model Pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladanai ketaatan malaikat- malaikat Allah Swt kelas VII di SMP N 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00173.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan ini masih monoton disampaikan oleh guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak terrhadap rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik. Untuk itu perlu diberikan suatu pendekatan pembelajaran yang nantinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seebagai berikut “Apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT)) terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malikat-malaiat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan”. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, dalam penelitian ini yang menajdi subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 5 Padangsidimpuan. Kelas VII6 sebagai kelas eksprimen dengan menggunakan metode Team Games Tournament dan siswa kelas VII7 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Teacher Center. Analisis data yang digunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 25 soal berbentuk pilihan ganda dan setelah melalui proses uji validitas terdapat 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0,814 dan termasuk kategori tinggi atau dengan kata lain instrument ini layak digunakan metode statistik uji”t”. Hasil penelitian ini diperoleh terdapat pengaruh penggunaan metode TGT terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 5,91 > 2,060 dengan taraf signifikan 5% atau 0,05. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan nilai ratarata tes akhir pada kelas kontrol yang menggunakan metode Teacher Center adalah 69,67 dan nilai rata-rata tes akhir kelas eksprimen yang menggunakan metode Team Games Tournament adalah 79,16. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode mengajar di Team Games Tournament berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendidikan agama islam; pembelajaran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 09 Apr 2020 09:25
Last Modified: 16 Apr 2020 13:23
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item