Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan metode problem solving dan problem possing pada materi barisan dan deret kelas XI SMK Negeri 2 Kotanopan

Matondang, Mahmud Efendi (2018) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan metode problem solving dan problem possing pada materi barisan dan deret kelas XI SMK Negeri 2 Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam pembelajaran matematika banyak guru yang mengeluhkan rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, seperti halnya pada materi barisan dan deret. Hal ini terlihat banyaknya kesalahan siswa dalam mengerjakan soal dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal Barisan dan Deret yang lebih kompleks. Hal ini juga diakibatkan oleh kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang mengakibat terjadinya hal diatas, Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Problem Solving dan Problem Possing Pada Materi Barisan Dan Deret Di Kelas XI SMK N 2 Kotanopan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Komfaratif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI TO SMK Negeri 2 Kotanopan dan sampelnya adalah kelas XI TO-1 dan XI TO-2. Kelas XI TO-1 sebagai kelas yang diajarkan dengan Metode Problem Possing dan XI TO-2 sebagai kelas yang diajarkan dengan Metode Problem Solving. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Sebelum tes digunakan dalam penelitian terlebih dulu peneliti melakukan uji coba instrument untuk melihat tingkat validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda tes. Teknik analisa data yang digunakan untuk melihat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan thitung = > ttabel = dan nilai rata-rata posttest pada kelas XI TO 1 sebesar 65,690 dan nilai rata- rata posttest pada kelas XI TO 2 sebesar 69,643. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara metode problem solving dan problem possing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi barisan dan deret di kelas XI SMK Negeri 2 Kotanopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Suparni, S.Si, M.Pd dan Sehat Sultoni Dalimunthe, S.Ag, MA
Keywords: Metode Problem Solving; Metode Problem Possing; Kemampuan Pemecahan Masalah; Matematika; Barisan; Deret
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010199 Pure Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 07 Apr 2020 10:31
Last Modified: 15 Jun 2021 04:09
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item