Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) melalui penerapan model pembelajaran savi (somatic, auditori, visual dan intelktual) di kelas VIII SMPN 3 Kotanopan Kab. Mandailing Natal

Yunus, Muhammad (2018) Peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) melalui penerapan model pembelajaran savi (somatic, auditori, visual dan intelktual) di kelas VIII SMPN 3 Kotanopan Kab. Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
Skripsi Muhammad Yunus full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (789kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang belum sesuai dengan yang diharapkan atau belum sesuai KKM. Hal ini disebabkan bahwa dalam pembelajaran masih banyak siswa yang bermain-main, melamun, tidur, dan hanya sekedar duduk dan tidak mendengarkan, ada pula yang asyik mengobrol dengan temannya yang didekatnya sehingga rasa ingin tahu siswa tersebut tidak ada terhadap pelajaran yang diajarkan. Berdasarkan masalah tersebut peneliti berusaha menyusun dan menerapkan model SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelektual) pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel SPLDV. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Melalui Penerapan Model Pembelajaran SAVI (somatic, auditori, visual dan intelktual) Di Kelas VIII SMPN. 3 Kotanopan kab Mandailing Natal Dapat Meningkat? Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dengan menggunakan metode siklus. Dalam hal ini, peneliti berfungsi sebagai guru dan guru sebagai observasi. Instrument yang digunakan yakni observasi dan tes yang berbentuk esai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Kotanopan tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa yaitu siswa laki-laki 18 orang dan perempuan 12 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel SPLDV melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelektual). Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil nilai rata-rata tes awal seluruh siswa yaitu 52,67 dan jumlah siswa yang lulus 6 siswa dengan persentase 20 % dari 30 siswa. Pada tes siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 68,83 dan jumlah siswa yang lulus 15 siswa dengan persentase 50 % dari 30 siswa. Pada tes siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 75,33 dan jumlah siswa yang lulus 23 siswa dengan persentase 76,66 % dari 30 siswa. Sedangkan pada tes siklus II Pertemuan I dengan nilai rata-rata seluruh siswa yaitu 77,66 dan jumlah siswa yang lulus 25 siswa dengan persentase 83,33 % dari 30 siswa. Berdasarkan persentase kelulusan siswa sudah mencapai yang diinginkan maka penelitian ini dihentikan sampai siklus II pertemuan I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: SAVI;Hasil Belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010111 Real and Complex Functions (incl. Several Variables)
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Yusri Fahmi
Date Deposited: 04 Dec 2019 01:59
Last Modified: 04 Dec 2019 01:59
URI: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item View Item